Detikinet : Ponsel Berbahaya untuk Jantung dan Ginjal?


Lagi surfing di internet dan baca-baca berita teknologi di http://www.detikinet.com mata saya tertuju pada sebuah judul posting yang cukup buat ngeri juga loh. “Studi : Ponsel Picu Penyakit Ginjal dan Jantung” begitu judul posting yang saya baca. Wah, apa benar ya. Sebelumnya sih memang sudah sering dengar bahwa radiasi ponsel berbahaya bagi tubuh dan bisa menimbulkan gangguan-gangguan.

Apalagi saya biasanya membawa 2 sampai 3 ponsel sekaligus. Satu ponsel saja radiasinya berbahaya apalagi 3 (berarti bahaya dikali tiga juga donk).

Hal ini diungkap oleh para peneliti dari Rumania. Mereka menyatakan bahwa paparan radiasi ponsel menyebabkan hemoglobin di sel darah merah bocor. Hal ini dapat menjadi biang penyakit jantung dan batu ginjal.

Dalam riset ini, para ilmuwan menggunakan sampel sel darah yang diberi radiasi dalam berbagai skala selama sepuluh sampai 60 jam. Terungkap bahwa meski dalam level radiasi yang paling rendah, kebocoran hemoglobin tetap terjadi.

Studi dilakukan di European Research Institute for Electronic Component yang berbasis di Bukares. Hasil temuan ini membuat beberapa pihak meminta otoritas berwewenang menyikapinya dengan serius.

Apa benar ya seperti itu? Tapi memang saat ini saya tidak bisa menelephon dengan durasi waktu lebih dari 10 menit (terutama kalau pakai CDMA). Kepala saya langsung terasa pening sebelah (Migren). Benar atau tidak yang jelas kita wajib untuk menjaga kesehatan diri kita masing-masing. Betul…?!

Artikel lengkapnya baca di : http://www.detikinet.com/read/2008/12/30/123006/1060716/398/studi-ponsel-picu-penyakit-ginjal-dan-jantung!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: