Perangkat MP3 di Mobil


Punya seribu lagu di Ipod atau MP3 player tapi tak bisa diputar di mobil berhubung head unit di mobil masih terbilang jadul alias masih memakai kaset dan tidak memiliki colokan MP3 atau Ipodnya.

Nah solusinya, setidaknya ada 2 alternatif. Yakni menggunakan kaset adaptor dan FM Modulator.

Kita bahas dulu satu demi satu. Pertama kaset adaptor, sesuai namanya, kaset ini berfungsi sebagai perantara MP3 player Anda dengan head unit mobil biar nyambung.

Kaset adaptor ini memiliki colokan atau jack yang bisa disambungkan ke MP3 player anda.

Caranya mudah, pertama masukkan dulu kaset adaptor ke tape mobil, kemudian tinggal mencolokkan jack dari kaset adaptor ke MP3 Player, kemudian pijit tombol play pada head unit seperti biasa.

Dan MP3 kesayangan Anda pun kini bisa bersuara di dalam kabin mobil. Kaset adaptor ini biasanya dijual di toko-toko komputer, dan harganya lumayan murah yakni Rp 15.000 untuk setiap unitnya.

Alat kedua, FM Modulator. FM Modulator dari sisi teknologi jelas lebih unggul daripada kaset adaptor.

FM modulator ini dipasang di cigarette lighter yang biasa ada di dashboard mobil. Soal harga, FM modulator biasanya berada di rentang Rp 100.000 per unit, jauh lebih mahal dari kaset adaptor.

Nah kita coba yuk. Pasang media penyimpan lagu misalnya dari flashdisk pada FM Modulator. Lalu pilih frekuensi radio yang anda inginkan.

Dimana suara yang dihasilkan dari FM Modulator ini akan ditransmisikan melalui gelombang radio, sehingga suaranya dapat ditangkap melalui radio yang ada pada mobil

Tekan Tombol ‘Play’. Kemudian di head unit mobil, nyalakan Radio dan sesuaikan dengan gelombang frekunsi radio pada FM modulator yang sudah diset tadi. Dan MP3 pun bisa Anda dengar.

Nah bagaimana kualitas suara kedua tipe adapter ini? Dalam hasil pengetesan kami, meski teknologinya biasa saja, dan terganggu dengan kabel dari kaset adaptor, kaset adaptor jauh memiliki kualitas suara yang lebih baik. Kami bahkan nyaris tidak mendengar penurunan kualitas suara dari MP3.

Namun untuk FM Modulator, meski teknologinya jauh lebih canggih dan lebih mahal, kualitas suaranya belum sesempurna MP3 yang menggunakan kaset adaptor. Apalagi kalau kebetulan berada di daerah yang gelombang radionya sangat padat, anda harus mencari lagi frekuensi lain yang lebih kosong.

Kalau Anda ingin kualitas suaranya sempurna, Anda mesti membayar lebih untuk FM Modulator yang lebih bagus kualitasnya.

Itu ulasan kami, namun selanjutnya, pilihan terakhir ada di tangan Anda, mau harga murah kualitas bagus tapi agak ribet dengan kabel, atau mau lebih mahal sedikit namun efisien, tapi kualitas suara turun drastis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: