Tips Membuat Kopling Awet dan Tahan Lama


Kopling merupakan piranti otomotif yang sangat vital untuk kendaraan manual. Fungsinya menghubungkan atau melepaskan pengaruh putaran mesin dengan transmisi.

Bagian kopling yang paling sering mengalami keausan adalah clutch disc. Karena piranti ini yang harus selalu menahan gerak putaran, sementara gigi transmisi difungsikan.

Bila bagian ini rusak maka mobil sama sekali tak bisa bergerak. Sementara kalau kerusakan pada bagian lain, umumnya hanya menyebabkan pedal kopling terasa bergetar.

Nah, untuk itu kita harus menjaga agar fungsi kopling tetap terjaga pada transmisi manual mobil anda. Rudi dari OtoRoda siap memberi tips untuk merawat kopling mobil agar tetap prima.

“Pertama, jangan biarkan minyak kopling sampai batas minimum,” ujar mekanik OtoRoda, Rudi Suryadi kepada detikOto, Sabtu (23/5/2009).

Mekanik dari bengkel OtoRoda yang terletak di jalan IR. H Juanda No. 84 Ciputat, Tangerang ini menyarankan agar jangan pernah membiarkan tandon “minyak kopling” berkurang sedikit pun, walaupun teorinya terdapat batas minimun untuk level minyak yang boleh tersedia.

Selain itu, Rudi menyarankan agar penggantian minyak kopling setiap 20.000 km.

“Ada baiknya segera ganti minyak sebelum melampaui batas angka tersebut,” tegasnya.

Lanjut Rudi, setiap pengemudi pernah mengalami menginjak kopling terlalu lama. Hal ini menurutnya tidak perlu dilakukan, karena menghindari gesekan pelat kopling dengan tutup kopling dan roda penerus secara berlebihan.

Sebab, bila dibiarkan dalam kondisi demikian maka pelat kopling akan terus mengalami panas sehingga kemungkinan aus lebih cepat.

“Jangan terlalu lama menginjak kopling agar pelat kopling tidak aus,” ujarnya.

Namun, bagaimana dengan kondisi jalan tanjakan yang membutuhkan “setengah kopling”. Dalam kasus ini Rudi hanya menyarankan agar memakai rem tangan saja. “Kalau kondisi jalan menanjak, cukup pakai rem tangan saja,” cetusnya.

Kemudian, segeralah cuci bagian bawah mobil yang terkena air atau lumpur. Bila tidak, maka proses korosi pun bisa menimbulkan gangguan fungsi kopling.

“Segeralah cuci bagian bawah mobil apabila habis terkena air hujan dan lumpur,” tukasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: