Mahadewa, Virus Jumbo Buatan Lokal


Umumnya, virus komputer memiliki ukuran kecil agar bisa menyusup dan menyebar ke berbagai tempat. Tidak demikian dengan virus buatan lokal yang dinamai Mahadewa.

Adang Jauhar Taufik, analis antivirus dari Vaksincom, mengungkap keberadaan Mahadewa dalam keterangan tertulis. Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman VBScript dan secara umum akan menginfeksi Internet Explorer.

Adang mengatakan virus yang banyak menyebar biasanya memiliki ukuran antara 22 kilobyte hingga 1 megabyte. Namun Mahadewa memiliki ukuran jumbo hingga 30 megabyte.

Berdasarkan ciri-ciri dan jejak yang ditinggalkan, virus tersebut diperkirakan dibuat oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL). Berikut adalah beberapa ciri-ciri Mahadewa yang disampaikan Vaksincom:

Mengubah Judul internet Explorer menjadi ‘MaHaDeWa Labkom UBL’
Mengubah start page Internet Explorer menjadi http://webkom
Mengubah nama komputer dan nama pemilik Windows menjadi:
RegisteredOrganization = Your pc has been clean from Nita Virus by MaHaDeWa
RegisteredOwner = MaHaDeWa
Mengubah wallpaper Windows
Menampilkan pesan ‘pembuka’ pada pengguna komputer

Di sisi lain, virus Mahadewa mencoba menghapus dampak dari virus lain yang bernama ‘Nita’. Tidak jelas apakah memang motivasi Mahadewa adalah untuk menghapus virus Nita atau ada maksud lain.

“Ataukah antara Mahadewa dan Nita ini mempunyai hubungan ‘khusus’? Karena jika kita lihat pada string yang dibuat maka akan membentuk kata-kata N Love You Forever, hanya mereka berdua yang tahu,” ujar Adang.

Mahadewa diketahui menyebar melalui USB Flashdisk. Karena dibuat dengan VBScript, Mahadewa membutuhkan file bernama WSCript.exe yang berada di direktori ‘Windows\System32\’ dan ‘Windows\system32\dllcache\’.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: